Untuk membuat segalanya lebih mudah bagi Anda, kami juga telah membuat Daftar Periksa Akuntansi Akhir Tahun yang dapat dicetak sehingga Anda dapat menandai kemajuan Perusahaan, berikut ini cara tutup Buku akhir tahun:

Langkah 1: Buat Faktur

Salah satu aspek paling penting dari penutupan tahun keuangan bisnis Anda adalah untuk memastikan semua pendapatan dan pengeluaran dicatat dan terbaru. Jika Anda memiliki faktur yang tidak ditagih, jangan menunggu lebih lama untuk mengirimkannya. Dapatkan semua proyek dan pesanan yang tidak ditagih segera ditagih.

Langkah 2: Kirim Pengingat Faktur

Pada catatan yang sama, jika Anda memiliki pelanggan yang belum membayar faktur mereka, segera tindak lanjuti dengan mereka. Sebagian besar software akuntansi memungkinkan Anda untuk memberikan informasi  pengingat faktur jatuh tempo. Manfaatkan fitur ini dan dapatkan faktur itu dibayar sesegera mungkin.

Langkah 3: Catat Biaya

Jika Anda tertinggal dalam pencatatan dan pengelompokan pengeluaran Anda, sekaranglah saatnya untuk mengejar ketinggalan. Pastikan semua pengeluaran dimasukkan ke dalam perangkat lunak akuntansi Anda. Ini tidak hanya penting untuk pencatatan yang akurat, tetapi juga akan membantu akuntan Anda menemukan semua biaya pengurangan pajak yang memenuhi syarat untuk bisnis Anda. Mencatat pengeluaran Anda sepanjang tahun dapat membantu membuat proses ini lebih sederhana.

Cara Tutup Buku Akhir Tahun

Langkah 4: Bayar Tagihan Dari Vendor

Selain memastikan semua pelanggan Anda membayar Anda, Anda harus menghapus utang vendor yang belum dibayar yang diperoleh bisnis kecil Anda.

Langkah 5: Rekonsiliasi Rekening Bank Anda

Setelah semua penghasilan dan pengeluaran Anda dicatat dengan benar, pastikan untuk merekonsiliasi semua rekening bank dan kartu kredit untuk bisnis kecil Anda. Anda ingin memastikan bahwa pendapatan dan pengeluaran yang dicatat dalam software akuntansi Anda cocok dengan total dari laporan bank resmi Anda. Jika tidak, ada perbedaan atau kesalahan di suatu tempat yang perlu Anda atasi. Rekonsiliasi akun Anda sebulan sekali dapat membantu proses ini berjalan lebih lancar dan membutuhkan waktu lebih sedikit.

Cara Tutup Buku Akhir Tahun

Langkah 6: Perbarui Aset Tetap

Sebelum Anda menutup buku, pastikan semua aset tetap Anda mutakhir. Tambahkan semua aset tetap baru yang mungkin Anda lupakan. Aset tetap adalah aset jangka panjang dengan masa pakai yang lebih lama dari tahun fiskal. Misalnya, jika perusahaan Anda membeli komputer baru, ini akan dianggap sebagai aset tetap dan bukan biaya. Meskipun Anda membayarnya sebagai beban, masa pakai komputer bertahan lebih dari satu tahun, menjadikannya aset tetap.

Langkah 7: Hitung Inventaris Anda

Selanjutnya, Anda harus melakukan penghitungan inventaris akhir. Lakukan penghitungan ini pada hari Anda menutup buku Anda (untuk banyak bisnis ini akan menjadi 31 Desember). Usaha kecil diharapkan untuk mencatat inventaris mereka pada awal dan akhir setiap tahun karena total ini digunakan pada beberapa formulir pajak.

Cara Tutup Buku Akhir Tahun

Langkah 8: Jalankan Laporan

Gunakan perangkat lunak akuntansi Anda untuk menjalankan laporan Untung & Rugi (atau Laporan Laba Rugi) dan laporan Neraca. Analisis kedua laporan dan verifikasi bahwa informasi yang Anda lihat benar. Anda mungkin juga ingin menjalankan laporan Laporan Arus Kas Anda dan maju dari permainan dengan menjalankan laporan utama yang diperlukan akuntan Anda untuk pajak.

Langkah 9: Buat File Perusahaan

Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya langkah ini. Setelah Anda menyelesaikan langkah 1-8 , buat file perusahaan dari data tahun ini. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah kehilangan akses ke data akuntansi penting dari tahun itu. Akuntan Anda juga akan memerlukan akses ke file perusahaan Anda untuk membuat penyesuaian akhir tahun yang diperlukan dan untuk mengajukan pajak.  Jika Software Akuntansi Anda tidak memiliki fitur file perusahaan, ekspor data penting ke file terpisah dan simpan dengan aman.

Langkah 10: Tutup Buku Anda

Setelah Anda menyelesaikan setiap langkah dan memeriksa setiap bagian dari Daftar Periksa Akhir Tahun Anda, Anda dapat menutup buku secara resmi! Untungnya, software akuntansi membuat proses ini mudah. Saat Anda menutup buku atau menetapkan tanggal kunci, pengguna tidak akan dapat mengedit atau menambahkan transaksi yang terjadi sebelum tanggal penutupan. Paling sering, pemilik bisnis akan menetapkan kata sandi sehingga hanya admin dan akuntan yang dapat mengakses transaksi sebelumnya. Ini membantu akuntan Anda memeriksa ulang apakah semuanya sudah mutakhir dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Sebagian besar program akuntansi seperti software Accurate memungkinkan Anda menutup buku dan bahkan mengunci pada periode tertutup.

Demikian informasi mengenai tips tutup buku sebelum akhir tahun, semoga bermanfaat

Apakah Postingan ini dapat membantu kebutuhan Anda?

Klik untuk memberi peringkat!

Penilaian Anda bermanfaat untuk kami! 0 / 5. Jumlah suara: 0

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada posting ini.